cuap.cuap penulis..

Foto saya
an introvert. an observer. sometimes so smart to say something bullshit and sarcasm.

Sabtu, 01 Juli 2017

PROCRASTINATOR


Legend says, when you can't sleep at night, it's because you're awake in someone else's dream. Actually I can’t sleep now. So, aku lagi di mimpinya siapa ya? Ah elah, legenda itu mah. Padahal ga bisa tidur karena abis minum kopi -_-

Sebentar lagi hari Senin. The day I have to go back to office. You know what I feel now? I feel so lazy and I want a long long holiday. I do nothing but I still get money. Ahahah.
I had so many plans before the day off started. I said to myself, ‘I have to be productive!’. Ah, bullshit. Omong kosong. Kenyataannya apa? I did nothing lah~ gayanya doang mau ngerjain ini itu pas liburan -_-

Semua berawal dari hobi ku yang suka menunda-nunda.
‘Nanti ah ngerjainnya. Aku kan berhak untuk santai-santai’
‘Ini kan libur, masi bisa besok ngerjainnya’

Berbagai alasan ‘pembelaan diri’ dan kata ‘nanti’ terucap. Hiks. Jadilah aku menyesal dengan semuanya. Ya kaya sekarang nih, kan ga bisa tidur ya. Padahal mah bisa aja aku ngerjain apa yang seharusnya aku kerjain kaya rencana aku sebelumnya. Tapi tetep aja mikirnya ’masi ada hari sabtu dan minggu kok’. Prett. Sampe kapan kaya gini terus?!

Daripada mikir yang negatif mulu, mending kita focus pada sisi baiknya aja. Based on some articles and journals I just read (iya, aku abis baca-baca artikel dan jurnal), ada beberapa hal menarik mengenai Procrastination.

1.      Wikipedia said ‘Procrastination is the avoidance of doing a task that needs to be accomplished. It is the practice of doing more pleasurable things in place of less pleasurable ones, or carrying out less urgent tasks instead of more urgent ones, thus putting off impending tasks to a later time. Sometimes, procrastination takes place until the "last minute" before a deadline.’
Artinya adalah kita menunda untuk menyelesaikan sesuatu yang harus diselesaikan. Alasan untuk menundanya adalah kita lebih memilih untuk ngelakuin hal yang kita suka yang sebenernya ga lebih penting daripada sesuatu yang harus diselesaikan tsb. Ya you know lah, apalagi untuk orang-orang yang konsentrasinya ga oke kaya aku, gampang banget teralihkan perhatiannya kalo lagi ngerjain sesuatu. Tapi perhatian aku ke kamu ga teralihkan kok (apasih!)

2.      Berdasarkan Smithsonian Magazine, there are two different types of procrastination, passive and active. Kalo pasif itu kaya santai-santai nonton TV, ga mikirin apa-apa mengenai ‘kerjaan’, yaaa do nothing lah. Tapi kalo aktif itu misalnya kita ngelakuin ‘kerjaan’ lain yang sebenernya bukan ‘kerjaan utama yg harus diselesaiin sesegera mungkin’ atau brainstorming, dll. Jadi kalo lagi termenung-menung itu ga selamanya berarti males-malesan atau ga produktif. Bisa aja diluar kita terlihat ga napa-napain, tapi pikiran kita aktif berfikir, berlogika, dan menganalisa.

3.       Based on Psychology Journal, Procrastination makes you more creative and helps you to make better decisions. Bener ini mah. Dengan kita menunda melakukan sesuatu, kita bisa berfikir langkah-langkah apa yang harus kita lakuin atau ada ga sih cara praktis buat nyelesaiin kerjaan kita tsb. Ketika kita mencoba untuk membuat keputusan atas sebuah pilihan (terutama jika itu adalah hal besar), pasti terjadi perdebatan antara pemikiran rasional dan intuisi kita. Nah dengan kita menunda, memberikan kesempatan untuk memikirkan pro dan kontra dari pilihan tersebut, sehingga kita bisa membuat keputusan yang lebih baik.

Oke. Menulis hal-hal ini adalah salah satu hal yang sebenernya ga penting untuk aku lakuin dibanding. Ada hal lain yang LEBIH PENTING dan SEHARUSNYA aku kerjain dari tadi. Ya begitulah. Ini adalah salah satu contoh active procrastination :D

Ah udah jam segindang Sob! Aku harus tidur. Kata mama ga boleh begadang (udah begadang juga kali ini coy!).


Salam!