cuap.cuap penulis..

Foto saya
an introvert. an observer. sometimes so smart to say something bullshit and sarcasm.

Kamis, 13 Desember 2012

multilingual : bangga berbahasa daerah!

alohaa~ long time no see ya..
beta mau eksis lagi di dunia maya melalui jalur perblogan ini.. hehe. postingan kali ini cuma pengen cerita tentang bahasa. kenapa bahasa? ya karena segala aktivitas kita itu ga lepas dari yang namanya bahasa. baik verbal maupun non verbal. 
oke, pertama saya mau ngasih tau kalo saya ini hidup dikelilingi oleh beragam budaya. ada budaya minang, melayu, batak, sunda, dll. setiap budaya itu pastinya punya bahasa tersendirikan yaa.. karena saya dikelilingi oleh beragam budaya tersebut, yah setidaknya ada beberapa bahasa daerah yang saya kuasai atau hanya sekedar tau aja..

-melayu-
lahir dan besar di bumi lancang kuning, membuat aku tau akan budaya melayu. meskipun ga tau2 amat sih. hehe. terbiasa memakai bahasa melayu (yg benar2 melayu i mean) baru dimulai pas SMA. pas masih sd-smp lebih sering ngomong pake bahasa indonesia, karena orang2 yang ada di sekeliling saya emang pada make bahasa indonesia. dari kecil sampe smp, lingkungan sekolah ku benar2 berbeda (next time dceritain deh. kalo inget). nah pas sma mulai deh berbaur ma orang2 yang benar2 melayu. makanya jd bisa ngikutin nada bicara n berbahasa melayu. sampe sekarang kalo ngumpul ma teman2 omda, ya bahasa ini yang kita pakai.

-palembang-
papa dan mama ku itu adalah orang sumatera selatan. 22nya. so sebenarnya aku adalah orang palembang yang lahir n besar di dumai. karena dua2nya orang sumsel, jadi kami sering pulang k palembang. kalo papa itu orang lintang (lahat), sedangkan mama orang kayu agung. bahasa daerah mama dan papa itu berbeda. aku bangga mereka memiliki bahasa yang berbeda. hal itu membuat aku bisa menambah skill berbahasa daerah. hehe. meskipun ga lancar2 banget, tapi kalo diajakin ngomong ya ngertilahh.. dan lumayan bisa kalo diajak bercakap2 make kedua bahasa itu. hehe. selain itu, aku juga bisa berbahasa palembang secara umum (bukan bahasa daerahnya). jadi kalo nemu orang palembang, ya bisalah ngomong pake bahasa palembang itu sendiri..

-minang-
di dumai itu banyak pendatang2 yang memiliki budaya sendiri. salah satunya minang. dikelilingi oleh orang minang, aku jadi bisa juga berbahasa minang. lumayan lah, tapi ga bagus2 banget. kalo buat percakapan ga lancar2 banget, tapi ngerti kok kalo ada yg ngomong bahasa minang..

-batak-
selain suku minang, di dumai itu juga banyak orang batak. jadi lumayan ada pengaruhnya ke bahasa ku ini. tapi kalo untuk bahasa batak, aku cuma bisa ngikuin logatnya doang. ga bisa make bahasanya yg bener. kosa kata batak yang paling aku tau itu adalah : dang adong hepeng! haha.

-jawa-
setahun hidup di asrama tpb ipb yang teman2 selorongnya banyakan orang jawa membuat aku jadi bisa bahasa jawa. gile, pas masih di asrama kayanya lancar gitu bahasa jawa nya. temen2 jawanya juga beda2 daerah, ada yang dari solo, pekalongan, ponorogo, madiun, surabaya, n lainnya. awal2 di asrama sih roaming banget dengan bahasa jawa. kalo temen2 udah ngomong bahasa jawa aku cuma bisa diem n ngedengerin, walopun ada beberapa kalimat yang dimengerti, tetep ga bisa gabung dalam percakapan bahasa jawa. tapi lama kelamaan kemampuan bahasa jawa ku meningkat deh. hehe

-sunda-
nah ini nih yang susah. udah beberapa taun hidup di bogor, tapi masih tetep ga bisa bahasa sunda. beneran deh, kayanya susah banget ni bahasa. atau gara2 jarang dikelilingi orang yang kesehariannya berbahasa sunda? bisa jadi sih. rata2 temenku itu seringnya make bahasa indonesia kalo buat ngobrol ma 'orang asing' seperti aku. hehe. pengen sih bisa lancar berbahasa sunda, masa hidup di bogor tapi ga bisa berbahasa sunda.. oke mulai sekarang mulai belajar2 bahasa sunda deh. yah kalo ga bisa yang aktip, yang fasip dulu gpp deh. fasti bisa! hehe.

-banjar-
selama kurang lebih 2 bulan kemarin aku tinggal di satui, kalimantan selatan. orang2 dsana mayoritas berbahasa banjar. jadi selama 2 bulan itu aku belajar berbahasa banjar juga, meskipun cuma bisa logatnya doang, tapi lumayan lah. ada sih beberapa kalimat yang bisa dikuasai, tapi kalo buat diajak bercakap2 masih belum mampu lah. pas disana kemarin ya mau ga mau harus bisa (meskipun kacau banget) berbahasa/berlogat banjar, supaya bisa lebih dekat dengan masyarakat dsana. (kangen KKP BANGET!)

tapi semua itu tergantung lingkungan juga sih. misalnya kalo aku lagi di dumai, bahasa yang digunakan itu pasti bahasa melayu/palembang/minang. kalo dsuruh ngomong bahasa jawa pasti ga akan bisa. karena orang2 disekitar ga ada yg make bahasa jawa. gitu juga kalo di bogor ini, kalo orang (bukan orang palembang) meminta aku buat ngomong bahasa palembang, pasti aku bingung, karena ga ada yang mancing aku buat berbahasa palembang. kalo lagi ngumpul ma temen2 sedaerah yang ada di bogor, pasti bawaannya ngomong bahasa melayu n minang. jadi ya menurutku lingkungan sangat berpengaruh terhadap kemampuan bahasa seseorang. sesuai lah dengan teori perkembangan bahasa. eciyeee.. :)

perbedaan tersebut tentunya ga membuat kita menjadi terpecah belah dong ya justru membuat kita harus menghargai dan menikmati indahnya perbedaan. dengan perbedaan tersebut justru membuat kita menjadi kaya akan pengetahuan (bahasa, misalnya) berbagai daerah :)