cuap.cuap penulis..

Foto saya
an introvert. an observer. sometimes so smart to say something bullshit and sarcasm.

Sabtu, 22 Desember 2012

mama, the best woman in my life.

mama, ibu, bunda, mami, umi. itulah beberapa panggilan buat orang yang paling berjasa dalam hidup kita. oh tentu saja berjasa. siapa yang susah payah mengandung kita selama 9 bulan? mama. siapa yang melahirkan kita? mama. siapa yang memberikan kita asupan terbaik yang disebut ASI? mama. yak, dari awal kehidupan kita ga lepas dari seorang mama. dialah yang mengenalkan kita dengan kehidupan ini. dialah yang rela mempertaruhkan nyawa demi kita. dialah segalanya buat kita. mama.

mama. sesosok wanita yang sangat baik hati dan sabar. bagaimana tidak, mama rela melakukan apa aja demi anaknya. kalo anaknya kesulitan, pasti mama ada mama yang selalu siap sedia membantu. waktu kecil dulu aku adalaha anak yang keras kepala dan suka ngelawan. pernah waktu itu, aku sampe bikin mama nangis dengan ucapan ku. mama langsung nangis didepanku. OH MY! aku dengan gengsi setinggi langit pura2 ga peduli dengan air mata yang jatuh itu. aku malah memandang sinis. betapa berdosanya aku!! dan akhirnya aku masuk ke kamar. nangis. keesokan harinya aku pun meminta maaf ma mama.

untuk kuliah, mama juga adalah orang yang mendukung aku sepenuhnya. aku tidak dianjurkan ma papa untuk kuliah jauh. tapi aku pengen kuliah jauh. akupun cerita ke mama mengenai keinginanku ini. kebetulan waktu itu ipb lagi membuka pendaftaran melalui usmi. mama mendukungku untuk mendaftar di ipb. sangat mendukung. padahal alasan papa ga nganjurin aku buat kuliah jauh adalah mama. papa ga mau mama sedih gara2 jauh dari anaknya. akhirnya akupun mendaftar di ipb, dan ternyata di terima. 

sekarang pas udah jauh, kasih sayang mama ga pernah lepas dari anaknya. tapi apakah anaknya selalu menghargai perhatiannya itu? tidak. justru terkadang malah suka ngerasa terganggu dengan telepon2nya dia yang sekedar nanyain anaknya udah makan atau belum, ada kuliah atau ngga, atau bertanya lagi apa. perasaan itu emang pernah aku alami. pernah waktu itu malem2 sampe ada berbelas2 missed call dari mama. aku ga mengangkat telepon bukan karena ga mau, tapi karena emang ga tau. kemudian aku nelepon mama, dan nada suara mama jelas terdengar lega pas mengangkat telepon ku. mama bilang kalo ia khawatir ma aku yang ga ngangkat2 teleponnya. malah mama sampe nelepon ke bg ade, cuma buat nanyain aku. padahal bg ade di pekanbaru akunya di bogor. tapi ya itulah perhatian mama ke aku.

kalo mama kesusahan, dia pasti ga mau ngasih tau anaknya. dia juga ga mau melibatkan anaknya dalam masalahnya. dia cuma pengen anaknya bahagia. waktu itu mama sakit dan sampe harus dirawat di rumah sakit. aku ga dikasih tau sama sekali! mama, papa, adek, tante, ga ada yang ngasih tau. aku tau kalo mama sakit dan di opname itu dari status adikku di facebook. pas aku telepon, ternyata emang bner mama masuk rumah sakit. aku ngerasa kesel karena ga dikasih tau dan sedih begitu tau mama sakit, tapi pas ngedengar suara mama yang lemes begitu, aku ga jadi melampiaskan kekesalan ku dan menunjukkan kesedihan ku. aku berusaha tertawa dan menghibur mama, dan mendoakannya supaya cepat sembuh.

setiap pulang kerumah juga selalu ga lepas dari perhatian mama. terakhir pulang adalah pas lebaran kemarin. pas keluar dari bandara, aku ngeliat mama yang tersenyum lebar. anaknya pulang. langsung dong salim ma mama, n mama meluk n nyium pipiku. best momen banget itu. nah, pas dirumah juga udah kaya ratu banget. enak. mau makan tinggal makan, berleyeh2 maksimal deh pokoknya. pagi2 mama udah bangun buat bikin sarapan. paling suka nasi goreng buatan mama :9. top banget. udah itu pempek. kemarin pas pulang aku langsung disuguhin makanan paling enak sejagad raya, pempek. yah itu salah satu bentuk perhatian mama ke aku. selama dirumah kemarin aku juga sakit. mungkin karena kecapean abis kkp atau emang manjanya kumat. hhe. siapa lagi yang ngurus aku selain mama. ngompresin aku, nyuruh aku makan. and FYI, aku masih suka disuapin ma mama kalo makan. manja banget. tapi cuma kadang2 sih. :)

jauh dari mama terkadang buat aku ngerasa kangen. pasti. makasi buat mama yang udah ngebesarin kak ayu sampe kaya drum gini *eh*. makasi buat perhatian mama, waktu mama, n kasih sayang mama buat kak ayu. makasi buat nasihat2 mama yang terkadang males bikin kak ayu males ngedengernya. makasi buat dukungan dan semangat yang selalu mama berikan. maaf kalo kak ayu sering bikin mama marah, kesal, atau kecewa. maaf kalo kak ayu lagi dirumah selalu menjadi pemalas yang cuma pengen enaknya aja. maaf juga kalo sering ga nurutin kata2 mama. kangen mama. kak ayu n adek2 juga sayang mama. apalagi papa. haha. dan terakhir, yang sangat ingin aku ucapin : ma, hari ini tanggal tua loh . . *kode*. hehe

bagaimanapun keadaan mama, dia teteplah mama, yang memiliki kekuatan yang bisa ngalahin Voldemort. kekuatan cinta.
mama tanpa papa, nothing. papa tanpa mama, nothing. anak tanpa orang tua, impossible.
HAPPY MOTHER DAY!