cuap.cuap penulis..

Foto saya
an introvert. an observer. sometimes so smart to say something bullshit and sarcasm.

Rabu, 24 Oktober 2012

Balada UTS Mahasiswa

uts.. uts.. uts.. selalu menjadi something yang rada gimana gitu buat para mahasiswa. apalagi buat tipe2 mahasiswa yang ga suka ujian seperti saya (emang ada gitu yang suka ujian?). menurut observasi yang telah dilakukan, pas ujian pasti hal-hal ini terjadi.. cekibroott!!
  1. beberapa hari menjelang ujian (biasanya sih H-2 / H-1) fotokopian disekitar kampus pasti rame. kenapa? karena para mahasiswa (termasuk saya) pasti baru ngopi bahan buat ujian. ntah itu berupa slide kuliah ataupun catatan teman.
  2. nah, pas udah punya materi ujian, bukannya langsung belajar gitu yak, tapi malah ditunda2. "yang penting sih udah punya bahan, belajarnya nunggu mood aja deh" kalimat ini nih yang sering terlontar dari mulut mahasiswa. ya kalo mood-nya cepet dateng, kalo ngga?
  3. nah pas hari ujian tiba, biasanya mahasiswa datang lebih awal. gayanya oke banget, bawa2 materi sambil komat-kamit ngafalin materi di jalan. tujuan datang awal sih pengennya bisa belajar dulu sambil nungguin pintu ruangan ujian dibuka. tapi malah jadi ga bisa belajar gara2 kebingungan ngedengerin orang cuap2 tentang materi yang akan di ujiankan. apalagi kalo yang dicuap2in ma orang terasa asing ditelinga. mulai deh kalang kabut nanyain "itu apaan? kok gw ga tau? itu tentang apa sih?"
  4. pas pintu ruangan dibuka, jeng jeng jeng jeeeeng, mata mulai mencari2 posisi yang pw. harapannya sih posisi duduk bisa berpengaruh positif (ciee) terhadap nilai, bisa liat2an gitu. tapi apalah daya, pengawasnya bermata elang
  5. lembar soal dan jawaban biasanya diletakkan di atas meja dalam keadaan tertutup. ketika pengawas memberi pengarahan, mahasiswa pasti mencoba menerawang soal2 yang tertulis di lembar soal. nah pas udah tau soalnya, misalnya gambar visualisasi rumah, mulai deh nanya ke teman "eh, atap artinya apa sih? kalo dinding melambangkan apa?" iya kalo temennya tau, kalo ga tau.. mamam deh -_-
  6. selama ujian berlangsung, awal2nya sih konsentrasi masih tinggi. masih khusyuk ke lembar jawaban sendiri. pas ada salah seorang mahasiswa lain yang membalikkan lembar jawaban, konsentrasi mulai terkikis. perlahan tapi pasti konsentrasi akan semakin berkurang ketika ngeliat lembar jawaban teman2 udah pada penuh, sedangkan lembar jawaban sendiri masih minimalis. mulai deh bolak balikin lembar soal. grasak grusuk. paling oke sih pura2 mikir gitu pas diliatin pengawas, padahal pikiran kosong tatapan menerawang meratapi ketidaktahuan akan jawaban ini
  7. kalo udah ada yang ngumpulin ke pengawas, mental mahasiswa akan semakin down. dapat diduga bahwa mahasiswa akan semakin kehilangan konsentrasi ketika hal ini terjadi. akibatnya, ngerjainnya jadi keburu2 n ngejawab dengan asal2an padahal waktu masih banyak yang tersisa. ga mau kalah cepat kali yak.
  8. biasanya menjelang detik2 terakhir waktu ujian, ide2 brilian mulai muncul. telat amat sih mikirnya. mulai deh menulis apa yang ada dipikiran. tulisan yang awalnya rapi bagai ukiran, pada tahapan ini berubah menjadi tulisan yang buruk rupa tak tentu arah
  9. ujian selesai. pas keluar ruangan teman2 ternyata masih ngumpul dan mereka ngebahas jawaban2 soal ujian tadi. ngebetein banget ga sih. iya kalo jawabannya bener, kalo salah? muntah ditempat kali.
  10. pulang ke kosan dengan wajah madesu, jalan dengan tatapan hampa menyadari kalo jawaban tadi banyak yang salah. ngeluarin hp, langsung update status dan ngetweet mencaci maki mata kuliah tsb.
beginilah lika liku kehidupan mahasiswa ketika ujian menghampiri hidup mereka. bukan nilai bagus yang menjadi target utama dalam perkuliahan, tetapi ilmu yang bermanfaat agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan lah yang menjdi tujuan yang harus dicapai mahasiswa, menjadi lifelong learner (sok iyee)